Kota Daejeon Tanda Tangani Kerjasama Pelajar

Kota Daejeon Tanda Tangani Kerjasama Pelajar

 

Kota Daejeon Tanda Tangani Kerjasama Pelajar

Kota Daejeon, Korea Selatan

Usmar Hariman saat menyambut rombongan pelajar asal Kota Daejeon, Korea Selatan berharap apa yang telah disepakati dan dikerjasamakan bisa memberikan kebaikan kepada para pelajar di kedua negara negara tersebut.

“Dalam era globalisasi keniscayaan informasi sudah sangat dibatasi, karenanya berbagai hal seperti perbandingan dan perkembangan informasi sebuah negara jadi penting sebagai komparasi bagi Indonesia,” kata Usmar yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin di Aula SMPN 1 Kota Bogor, jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor, Rabu (08/11/2017).

Menurut Usmar

Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di Asia yang memiliki banyak kelebihan, salah satu yang cukup menonjol adalah perkembangan teknologi dan informasi yang dihasilkan Korea Selatan yang beberapa diantaranya diadopsi oleh Indonesia.

”Perkembangan teknologi dan informasi yang ada tidak terlepas dari  perkembangan pendidikan di Korea Selatan, sehingga hal ini perlu dijadikan barometer bagi pelajar Indonesia khususnya Kota Bogor,” terangnya.

Usmar berharap kerjasama yang ditandatangani kedua pihak bisa menjadi nilai tambah yang lebih untuk saling bertukar ilmu dengan cara belajar langsung ke Korea Selatan atau melalui teknologi yang saat ini sudah berkembang.

The International Exchange Centre of Korea

Direktur The International Exchange Centre of Korea (IEC) Mrs. Kim Yo Ja yang juga perwakilan dari rombongan Korea Selatan mengaku merasa senang dan bangga dapat berkunjung ke Kota Bogor, khususnya ke SMPN 1 Kota Bogor.

”Melalui kegiatan ini para siswa dari kedua kota bisa saling tukar budaya. Harapan kami semoga ini menjadi waktu yang baik untuk saling memahami budaya dan sejarah kedua negara. Disamping itu semoga ini menjadi satu momentum yang berharga bagi kedua kota maupun negara,” ungkap Mrs. Kim.

Pada kesempatan itu, baik pelajar dari SMPN 1 Kota Bogor maupun pelajar dari Kota Daejeon, Korea Selatan tampil menunjukkan kebudayaan masing-masing negara. Pelajar SMP Negeri 1 Kota Bogor menampilkan budaya khas sunda, sedangkan pelajar Korea Selatan menampilkan kesenian Korea Selatan dengan iringan alat musik khas Korea Selatan, yakni Gayageum dan Geomungo atau sejenis alat musik kacapi dalam budaya sunda.

Seusai berkunjung ke SMPN 1 Kota Bogor

Rombongan para pelajar Kota Daejeon akan  melanjutkan kunjungan ke kantor ASEAN di Jakarta. Sebelumnya, selain dengan Kota Bogor, Kota Daejeon tahun 2016 telah melakukan kerjasama Sister City dengan Kota Tangerang Selatan.

 

Sumber : https://pakdosen.co.id/