Masalah Sampah, Masalah Masa Depan

Masalah Sampah, Masalah Masa Depan

Masalah Sampah, Masalah Masa Depan
Masalah Sampah, Masalah Masa Depan

BANDUNG-Produksi sampah rumah tangga dan non rumah tangga

di wilayah Jawa Barat terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan perhitungan Walhi Jawa Barat produksi sampah rumah tangga mencapai 27.000 ton/hari, ini bisa terus meningkat seiring penambahan populasi penduduk dan produksi barang rumah tangga dan non rumah tangga.

Direktur Walhi Jabar Dadan Ramdan, dari berbagai riset

yang dilakukan, 60% sampah yang dihasilkan berupa sampah organik yang bisa dikompos, 40 %.
“Sampah bukan organik seperti sampah plastik, kertas, elektronik, botol, kaleng dll. Sampah menjadi masalah serius jika tidak diantisipasi dari sekarang. Diperlukan kebijakan pemerintah dalam jangka panjang yang lebih antisipatif dan kuratif dari hulu hingga hilir. Dampak lainnya jika sampah tidak diurus, berpotensi menimbulkan ancaman bagi kesehatan dan pencemaran serta kerusakan lingkungan.

Dadan Ramdan juga mengatakan, di sisi lain

, pola penanganan sampah pun belum mengalami perubahan secara sistemik dan paradigmatik mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Padahal Undang-Undang No 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah memandatkan adanya perubahan sistem dan paradigma dalam pengelolaan sampah baik aspek pencegahan dan penanganan sampah dari hulu hingga hilir.

Release Walhi Jabar itu dikeluarkan terkait dengan peringatan hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari. (Pun)

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/148435467/materi-kingdom-fungi/