Mengapa Pria Memilih Menikahi Wanita yang Lebih Tua Darinya?

Mengapa Pria Memilih Menikahi Wanita yang Lebih Tua Darinya?

Tren menikahi perempuan yang lebih tua, ternyata dominanĀ  baik pada kesehatan. Hal ini sehubungan dengan umur psikologi perempuan yang lebih muda dibanding umur sebenarnya. Sedangkan pada laki-laki, umur psikologi hampir sama dengan umur sebenarnya.

Dikutip dari Psychology Today, berikut dalil menikahi wanita yang lebih tua laksana dituturkan psikolog Marty Nemko.

Kesehatan

Wanita lazimnya hidup lima tahun lebih lama dibanding lelaki yang menjadi suaminya. Riset menyimpulkan, urusan ini tidak saja karena gaya hidup tetapi rangkaian gen pada tubuh wanita. Dengan kenyataan ini, Nemko menganjurkan pria memilih perempuan yang kira-kira lima tahun lebih tua. Pria lazimnya mulai sakit-sakitan di umur 60 tahun, yang dapat menjadi masalah bila dia menikahi perempuan 55 tahun. Hal ini berarti umur psikologi perempuan masih di kisaran 50 tahun yang lebih berenergi dibanding umur 60 tahun. Namun lelaki tahun relatif dapat mengimbangi perempuan yang berusia 65 tahun, dengan umur psikologi 60 tahun.

Seksualitas

Kerap dikatakan, hormon seksual pria menjangkau puncaknya di umur 18 tahun. Sedangkan pada wanita, urusan ini baru terjadi di kisaran usai 30 tahun. Hal ini berarti, lelaki lebih dapat mengeksplorasi kehidupan seksualnya bila menikahi perempuan yang lebih tua. Tentunya urusan ini tidak berlaku mutlak, sebab hormon turut memprovokasi usia kematangan seksual.

Kedewasaan dalam hubungan

Ungkapan menyatakan, menjadi tua ialah pasti tetapi dewasa ialah pilihan. Kendati begitu, tanggung jawab tidak jarang kali meningkat seiring umur yang memaksa seseorang cepat dewasa. Pria dan perempuan yang sudah dewasa lazimnya menjalani hubungan dengan kepala dingin, sebab tak hendak meributkan urusan kecil. Keduanya memilih berjuang menyelesaikan masalah bersama, daripada marah atau merundingkan dengan lingkungan sekitar.

Kedewasaan dalam pola asuh

Mengasuh anak lebih susah daripada yang dibayangkan atau dirundingkan masyarakat kebanyakan. Mengasuh membutuhkan kedewasaan dan komitmen guna selalu merealisasikan batasan yang sama, tanpa butuh berlebihan. Ketenangan serta kerja sama berperan besar menilai kesuksesan merawat dan memperbanyak anak.

Pengembangan karir

Seiring usia, perempuan dewasa lazimnya lebih kawakan dalam karir dan pekerjaan. Menikahi perempuan dewasa tak sekadar bercita-cita peran yang lebih banyak dalam finansial keluarga. Namun pun penasihat karir yang barangkali tak didapatkan dari lingkungan pertemanan dengan teman yang seusia.

Baca Juga: