Tampil Modis dengan Baju Koko

Tampil Modis dengan Baju Koko

Tampil Modis dengan Baju Koko
Tampil Modis dengan Baju Koko

Toppers, kalian pasti sering dengar yang namanya, “baju koko”. Ya, itu lho, baju yang biasanya dipakai tanpa kerah, dan ada sedikit aksesoris berupa bordir. Biasanya dipakai oleh kaum adam yang muslim untuk pergi ke masjid atau ke acara keagamaan. Hehehe. Nah, penasaran gak sih, kenapa namanya “baju koko” ? Wah, mau tau kan, kisah unik dibalik “baju koko” ini? Nah, ini dia 8 fakta unik baju koko, yuk simak berikut ini:

Asal Mula

Toppers, menurut David Kwa, Pengamat Budaya Tionghoa Peranakan, baju yang sekarang dikenal dengan baju koko tersebut, sebenarnya turun menurun dari baju masyarakat China, bernama “Tui-Khim”. Nah, di kalangan warga BetawiDavid Kwa, baju yang sekarang dikenal dengan baju koko, sebenarnya adalah baju inovasi dari baju warga China bernama “Tui-Khim”. Nah, di kalangan warga Betawai, baju Tui-Khim dipakai dan dikenal dengan sebutan baju Tikim. Ya, baju Tui-Khim ini, modelnya seperti baju koko, bukaan di tengah dengan 5 kancing. Lalu, di warga Betawi, paduan baju ini biasanya celana batik. Hehehe. Nah, mungkin di antara kalian masih ada yang ingat setelan almarhum Benjamin S di sinteron Si Doel Anak Sekolahan? Ya, kira-kira seperti itulah baju koko yang dipadu dengan celana batik, khas Betawi. Hehehe.

Tui – Khim dipakai Pria Tionghoa di Indonesia sampai Abad ke -20

Kamu tau gak sih? Faktanya nih, memang asal mula baju koko berupa inovasi dari Tui – Khim, ya karena banyak sekali pemuda Tionghoa, yang biasanya dipanggil “koko” memakai kostum ini. Bahkan, pria Tionghoa di Indonesia ini masih mengenakan kostum Tui-Khim dan celana komprang atau celana yang longgar sampai awal abad ke – 20 lho. Bahkan, mereka memakainya untuk kegiatan sehari-hari. Wah menarik kan.

Tampil Modis dengan Baju Koko? Ini Dia 8 Fakta Menarik nya! – Tui – Khim dipakai Pria Tionghoa di Indonesia sampai Abad ke -20

Pada masa itu, Tui – Khim sering dipakai engko-engko

Toppers, pasti kalian bingung kan? Kenapa baju Tui-Khim sekarang, lebih dikenal dengan sebutan “baju koko” ? Ya, menurut Renny Sylado, budayawan, menjelaskan bahwa biasanya yang memakai baju Tui-Khim di masa itu adalah engko-engko. Nah, kalau di eja dalam Bahasa Indonesia, jadinya ya “Baju Koko”. Hehehe. Unik kan!

Tampil Modis dengan Baju Koko? Ini Dia 8 Fakta Menarik nya! – Pada masa itu, Tui – Khim sering dipakai engko-engko

Baju Takwa VS Baju Koko 2 Hal Berbeda

Di beberapa daerah dan kalangan masyarakat, ada yang menyebut baju koko ini sebagai baju takwa. Padahal, sebenarnya ke 2 jenis baju ini berbeda lho. ya, baju takwa gak diadopsi dari baju Thui-kim, melainkan hasil modifikasi dari baju tradisional Jawa, yaitu Surjan. Nah, Surjan adalah salah 1 pakaian adat Jawa yang dipakai pria sehari-hari. Hehehe.

Baju Takwa dipakai untuk upacara resmi adat Jawa

Toppers, baju Takwa sendiri, sering dipakai untuk menghadiri upacara – upacara resmi adat Jawa yang dilengkapi dengan blangkon dan bebetan. Nah, motifnya berupa garis-garis vertikal berwarna cokelat muda dan cokelat tua. Wah, bagaimana? sudah mulai terbayang kan, Toppers? Hehehe.

Sumber : https://merkterbaik.com/