Unsur-Unsur Yang Menyebabkan terjadinya Integrasi Sosial

Unsur-Unsur Yang Menyebabkan terjadinya Integrasi Sosial

Integrasi sosial adalah sistem penyesuaian di antara unsur-unsur yang paling tidak sama yang tersedia dalam kehidupan sosial sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang cocok fungsinya bagi penduduk itu. Individu-individu dalam penduduk yang awal mulanya berkotak-kotak, berbeda-beda lebih-lebih berkompetisi atau bertentangan jadi rukun, bersatu, dan cocok baik dalam hal kepentingan-kepentingan hidup. Selain itu dalam hal pendangan berkenaan bermacam masalah pokok dalam kehidupan sosial, politik dan budaya masyarakat.

Berikut ini adalah unsur-unsur yang sebabkan terjadinya integrasi sosial;
Adanya unsur yang tidak sama dalam kehidupan sosial, andaikata tata susunan penduduk organisasi sosial dan sistem pemerintahan.
Adanya sistem penyesuaian berasal dari unsur-unsur yang tidak sama dan masing-masing unsur saling menyesuaikan.
Terciptanya pola kehidupan yang cocok fungsinya dalam penduduk sebagai akibat ada sistem penyesuaian unsur-unsur yang saling tidak sama sehingga timbul ada rasa kesatupaduan dalam masyarakat.
Penjelasan lebih lanjut, suatu integrasi sosial dikatakan berhasil andaikata mencukupi persyaratan ini;
Seluruh bagian penduduk merasakan bahwa mereka saling isikan keperluan dan saling merintangi atau merugikan.
Terdapat konsensus antar kelompok berkenaan norma-norma sosial yang berikan arah terhadap target yang dicita-citakan dan jadi kajian bagi cara dan usaha untuk mewujudkannya.
Bertahannya norma-norma itu secara relatif lama dan setiap kali berubah. https://materisekolah.co.id/contoh-teks-eksplanasi-pengertian-ciri-struktur-kaidah-kebahasaan-dan-contoh-lengkap/

Demikianlah ulasan berkenaan “Unsur-Unsur Yang Menyebabkan terjadinya Integrasi Sosial”, yang terhadap kesempatan ini kami bahas secara singkat. Semoga ulasan di atas berfaedah bagi yang membaca…

Baca Juga :