Berikut Beberapa Fungsi Akuntansi Biaya Dalam Perusahaan Manufaktur

Akuntansi biaya memainkan peran penting untuk berbagai perusahaan, seperti perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur. Pengertian akuntansi biaya adalah cabang akuntansi yang melihat harga barang-barang manufaktur, terutama di perusahaan manufaktur, untuk memenuhi kebutuhan pembeli, termasuk bagaimana cara menghitung nilai barang yang dijual. Harga produk harus dihitung dengan benar karena Anda dapat menentukan harga barang yang akan dijual sesuai dengan laba. Tujuan akuntansi biaya adalah untuk tujuan pengendalian, terutama pengendalian biaya dalam proses pembuatan untuk mencapai efisiensi bisnis.

Fungsi akuntansi biaya dalam sistem akuntansi adalah jaringan prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyajikan biaya produksi, biaya pemasaran, biaya administrasi, dan biaya overhead. Beberapa faktor yang mempengaruhi desain sistem akuntansi biaya adalah total biaya atau biaya variabel dari metode biaya yang digunakan. Siklus akuntansi biaya mengambil bentuk sistem penetapan harga standar atau sistem penetapan harga historis dan proses produksi berdasarkan pesanan atau proses. Sistem akuntansi biaya menyediakan informasi untuk administrasi perusahaan termasuk pesanan produk tidak lengkap, pesanan produk selesai, biaya produk jadi, biaya produk yang masih dalam proses pada satu waktu. Ditentukan dan biaya sesuai dengan pusat biaya. Juga pelajari tentang biaya akuntansi dan perbedaan biaya dari situs guruakuntansi.co.id.

Fungsi penjualan

Perusahaan manufaktur yang memproduksi berdasarkan pesanan, fungsi penjualan bertanggung jawab untuk menerima pesanan pelanggan dan kemudian mengirimkan pesanan ke operasi produksi. Jika produksi massal, pesanan produk ditentukan dalam pertemuan bulanan antara pekerjaan pemasaran dan pekerjaan produksi. Pekerjaan penjualan untuk memenuhi pesanan pelanggan berdasarkan inventaris produk jadi di gudang. Untuk alasan ini, perlu dilakukan penghitungan biaya oleh perusahaan yang terlibat dalam jenis aset untuk mendukung penjualan barang berdasarkan perhitungan biaya produksi dan laba yang diinginkan.

Fungsi produksi

Pekerjaan produksi untuk menghasilkan pesanan produksi untuk pekerjaan yang akan dilakukan untuk memenuhi permintaan produksi dari pekerjaan penjualan. Pekerjaan produksi juga bertanggung jawab untuk melaksanakan produksi sesuai dengan urutan produksi dan konsep anggaran asli. Perhitungan biaya berperan dalam menentukan jumlah biaya produksi, sehingga pabrik produksi harus melakukan proses produksi sesuai dengan anggaran biaya yang ditentukan.

Perencanaan produksi dan fungsi pengawasan

Membantu dalam pekerjaan produksi dalam akuntansi biaya, perencanaan dan pemantauan kegiatan produksi. Jika proses produksi tidak sesuai dengan anggaran biaya yang telah ditentukan, proses produksi akan dikendalikan dalam hal barang modal atau produsen atau produsen, sehingga proses produksi sesuai dengan anggaran.

Fungsi gudang

Fungsi akuntansi biaya sangat penting dalam kegiatan gudang untuk mencatat konsumsi berbagai sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan pesanan, penggunaan berbagai sumber daya yang digunakan untuk mencatat setiap jenis persediaan dan biaya non-produksi dalam jurnal. Sistem kontrol produksi dan jaringan proses yang membentuk sistem akuntansi biaya di perusahaan manufaktur mencakup banyak hal. Berikut ini adalah tujuan dan kejelasannya.

Baca juga: