BUDIDAYA BAWANG PREI DI POT

Table of Contents

BUDIDAYA BAWANG PREI DI POTBUDIDAYA BAWANG PREI DI POT

MENANAM / BUDIDAYA BAWANG PREI DI POT / POLIBAG ,Bawang prei termasuk jenis tanaman keluarga bawang , tanaman ini mempunyai daun yang tebal ,besar dan agak panjang . tanaman ini biasanya di pakai sebagai penyedap masakkan terutama daunnya untuk bumbu masakkan Eropa , seperti masakkan Perancis,Itali juga Scotlandia . Di Indonesia di gunakan campuran sup , martabak,soto dan lain-lain. Tanaman ini di tanam di daerah berhawa dingin / pegunungan , tetapi juga bisa hidup di dataran rendah . untuk memenuhi kebutuhan bumbu rumah tangga , tanaman ini juga bisa di tanamam di pot / polibag dan di letakkan di samping atau di belakang rumah .

berikut ini cara menanam bawang prei di pot / polibag .

Pertama yang di persiapkan adalah benih / biji bawang prei, biji bawang prei bisa di beli di toko pertanian atau membuat sendiri dengan umbinya yang telah berumur minimal 50 hari setelah di panen.pilih bibit yang cukup umur dan dari tanaman yang sehat.

Persiapan tanam yaitu tanah bercampur bokashi di sediakan dan di masukkan ke pot / polibag lalu taburkan Furadan /obat hama tanah, selanjutnya basahi/ siram polibag dengan air bersih sampai basah merata , kemudian tanam biji / bibit bawang prei dengan membenamkan bibit ketanah � dari panjang bibit, bila menanam dengan biji , tinggal disebar dan ditutup tipis/ lembut dengan tanah .

Untuk perawatan , tanaman bawang prei yang masih baru dilakukan penyiraman minimal 1 hari sekali dan bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 4-5 hari sekali melihat kondisi tanah di di pot / polibag.

Pembersihan gulma dilakukan bila rumput telah tumbuh agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

Pemupukan tanaman dilakukan 1 minggu sekali dengan pupuk cair / pupuk Npk , bila tidak ada, gunakan vietsin 1 sendok tiap polibag.

Pemanenan tanaman bawang prei dilakukan bila pertumbuhan telah maksimal sekitar 70 hari setelah tanaman . bila untuk bumbu di dapur tidak perlu menunggu sampai umur 70 hari ,panen dilakukan bila daun dan pangkal batang sudah besar.

Demikian artikel tentang menanam / budidaya bawang prei di polibag/ pot . semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://superforex.co.id/puluhan-situs-web-venezuela-kena-serangan-siber/