CARA MENANAM STRAWBERRY DI POLYBAG

CARA MENANAM STRAWBERRY DI POLYBAGCARA MENANAM STRAWBERRY DI POLYBAG

CARA MENANAM STROWBERI, Strawberri atau strowberi adalah tanaman jenis buahan yang sudah sejak lama di kenal di beberapa benua di bumi ini , buah strowberii juga mempunyai nama arbei termasuk dalam jenus Fragaria dan dalam keluarga Rosaceae ,buah berwarna hijau keputihan dan menjadi merah pada saat sudah masak.

Tanaman strowberi tumbuh di iklim sub tropis dan hidup di segala tempat ketinggian tetapi idealnya di dataran tinggi, mempunyai curah hujan sedang , suhu udara 17- 22 derajat celsius,dan kelembaban 80-90%.

MENANAM STROWBEERY DI POLYBAG / POT

PERSIAPAN BENIH

Ada dua cara untuk memperoleh bibit strowberyy yaitu dengan biji dari buahnya atau dari cara vegetatif yaitu anakan dan stolan atau akar sulur

MENANAM STROWBERRY

Menyiapkan polybag atau pot untuk tempat media tanah , dan tanah dengan di campur bokashidengan perbandingan 2: 1, lalu di aduk sampai tercampur dan di tambahkan Furadan 20 gram per polybag ,lalu masukan ke dalam polybag dan di lakukan penyiraman sampai merata , selanjutnya tanam bibit strowbery dengan menancapkan bibit kedalam tanah sedalam 3 cm .
Untuk menanan dengan biji cukup buat lubang kecil dan masukkan biji strowberry sebanyak 4 biji kedalam lubang dan ditutup dengan tanah tipis.

PERAWATAN TANAMAN

Penyiraman untuk tanaman baru dilakukan 2 kali sehari ,pagi dan sore jangan terlalu banyak air nanti bisa layu ,dan bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 1 hari sekali / 2 hari sekali,
Penyulaman dan penjarangan dilakukan ketika tanaman telah tumbuh atau telah hidup , dengan mengganti dengan tanaman yang sehat atau penjarangan agar pertumbuhannya merata.
Pemupukan tanaman dilakukan 1 minggu sekali dengan takaran 20-25 gram / batang pupuk yang di gunakan adalah jenis NPK atau pupuk kandang /organik.

PEMANENAN

Tanaman strowbery yang dari stolon dan anakan mulai berbunga umur 2 bulan dari tanam dan sebaiknya bung yang awal di buang agar pertumbuhan lebih vigor ,sedangan untuk bunga yang tumbuh mulai umur 4 bulan di buahkan.preses ini dapat berlangsung selama 2 tahun tanpa henti asalkan tanaman strowberi sehat dan posakan nutrisinya cukup.

Ciri buah yang siap di panen antara lain:
1. Buah sdah kenyal / agak empuk
2. Warna buah di dominasi merah
3. Buah telah berumur 2 minggu sejak pembungaan.

 

Recent Posts