Cara Mengaktifkan NFC

NFC adalah akronim untuk Near Field Communication. NFC adalah konektivitas yang berfungsi dengan menghubungkan atau menghubungkan dua perangkat dengan menyentuh atau memegang satu sama lain. Jarak antara kedua perangkat tidak terlalu jauh, biasanya hanya beberapa sentimeter.

Misalnya, HP dengan NFC akan mentransfer data ke ponsel lain dalam bentuk kontak, gambar, dan video, termasuk NFC. Cara kerjanya mirip dengan Bluetooth. Hanya saja transportasi menggunakan NFC mudah dan bebas gangguan.

Ponsel dengan NFC banyak beredar. Secara keseluruhan, ponsel NFC ini berada di tengah-tengah kelas smartphone andalannya. Untuk kelas unggulan, tampaknya hampir semua ponsel kelas atas memiliki fitur ini. Sementara untuk kelas menengah, ada yang sudah mendukung fungsi NFC, ada juga yang sudah memasukkan fungsi NFC.

Berbicara tentang NFC, artikel berikut ini hanya berlaku bagi Anda yang sudah memiliki ponsel dengan fungsi NFC. Mengapa Karena pada titik ini Caris Signal akan membahas cara mengaktifkan NFC di ponsel Android.

Untuk mengetahui apakah ponsel Anda mendukung NFC, Anda dapat memeriksa bagian belakang ponsel. Pada beberapa seri HP, NFC akan muncul di area penyimpanan teks. Seri Sony Xperia biasanya memiliki huruf “N” di bagian belakang badan ponsel, menunjukkan bahwa ponsel tersebut sudah sesuai dengan NFC.

NFC di Sony Xperia
* Sumber: www.androidauthority.com

Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat memeriksa spesifikasi HP dari situs tempat ponsel Anda diproduksi, jika ada dukungan NFC, artinya ponsel tersebut mendukung NFCA.

Table of Contents

Cara mengaktifkan NFC

Ada 2 cara untuk mengaktifkan NFC sendiri. Penjelasan berikut

1. Periksa konfigurasi
Aktifkan NFC dalam pengaturan

Untuk mengaktifkan NFC di Android, langkah-langkah berikut adalah sebagai berikut.

Masukkan “Pengaturan” atau “Pengaturan”.
Pilih “Pengaturan lainnya” atau “Pengaturan lainnya”.
Di bagian “Pengaturan Lainnya”, Anda akan melihat opsi “NFCA”.
Pada beberapa ponsel Android, opsi NFCA ada di “Pengaturan Jaringan” atau “Jaringan”.
Buka bagian “Bagikan dan Hubungkan” atau “Bagikan dan Hubungkan”.
Aktifkan NFC dengan menggeser “Aktif”.

2. Aktifkan pintasan
Cara mengaktifkan NFC

Cara lain adalah dengan segera mengaktifkan NFC di shortcode di atas, mode dengan pengaturan untuk mengaktifkan “data seluler”, “bluetooth” dan “wifi” dan lainnya. Untuk melakukan ini, geser ke bawah dan temukan menu NFCA.

NFC tidak hanya digunakan untuk transfer data antara ponsel yang sudah memiliki NFC. NFC pada ponsel juga dapat bertindak sebagai alat pembayaran, mentransfer saldo kartu uang elektronik, naik kereta api atau pintu transportasi dll.

Fungsi NFC pada ponsel yang tidak dikenal
Setelah mempelajari cara mengaktifkan fungsi NFC pada smartphone, apa yang membuat NFC spesial? Apa fungsi NFC pada smartphone? Apakah NFC hanya berfungsi untuk memeriksa saldo tol elektronik dan hanya mengirim data?

Jawabannya adalah tidak. NFC lebih dari itu. NFC adalah fitur penting yang sayangnya banyak pengguna tidak tahu tentang fungsi NFC. Ada beberapa pengguna yang tidak memahami fungsi NFC dan tidak memaksimalkannya. Oleh karena itu, berikut ini menjelaskan apa fungsi NFC yang tidak semua orang mungkin tahu.

Sumber: www.afrodes.org

Baca juga: