Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet SehatCara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat

Siapa yang tidak menginginkan tubuh ideal bak Cut Syifa, atau Chris Hemsworth. Impian ini bukan lagi sebuah rahasia umum, setiap orang pasti memimpikannya. Banyak cara yang dilakakuan oleh orang-orang, mulai dari menerapkan hidup sehat, mengganti gaya hidup, diet, hingga menkonsumsi obat-obat relevan.
Nyatanya, tidak semua orang mencapai impian mereka, alih-alih mendapatkan tubuh idaman biola spanyol, mereka malah harus tidur diatas ranjang rumah sakit dan memperburuk diri mereka. Hal ini dikarenakan minimnya literasi dan kesadaran masyarakat akan diet. Bermodal selancar di internet tentang ‘Cara Menurunkan Berat Badan‘, dan menelan semuanya mentah-mentah menjadikan mereka sudah tahu semua tentang Diet.
Sebenarnya banyak faktor yang memengaruhi hasil diet yang dilakukan, mulai dari niat, konsistensi, dan gen. Uniknya, ada orang yang tidak berniat diet malah kurus sendiri, ada yang banyak makan tanpa memperhatikan pola makan tidak gemuk-gemuk, ada yang serius dengan niatan 1000 bulan diet hanya untuk menurunkan 3-5 kg berat badan.
Diet memang tidak selalu memberikan hasil yang optimal karena banyaknya konstanta atau variabel diluar kendali. Namun, bukan berarti hal ini tidak untuk dicoba. Nah, disini, tribun cara telah merangkum sebanyak 20 cara menurunkan berat badan dengan diet sehat! 20 diantaranya yakni:

1. Diet Bukan Berarti Menahan Lapar!

Ingat betul-betul ya! Diet bukan berarti menahan lapar loh, yang benar adalah menahan nafsu makan cemilan. Kamu gabakalan sadar berapa banyak kalori dalam sepiring camilan itu sudah kamu makan, mungkin hingga 400 kalori?
Ketika diet, kamu hanya perlu menurunkan porsi makan, bukan jumlah makan. Setidaknya makan 5 kali sehari dengan porsi makan yang cukup (tidak membuat kenyang, atau sangat kenyang) lebih baik daripada makan 3 kali sehari dengan porsi jumbo.

 

Menahan perut dengan rasa lapar yang hebat hanya akan memperburuk kesehatanmu, diet tidak bertujuan untuk itu. Diet itu bekerja dengan perlahan, tidak terburu-buru apalagi dengan gusar.

2. Mengurangi Porsi Makan, Bukan Frekuensinya

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kamu cukup mengurangi porsi makannya agar benefitnya bisa terkalkulasi sempurna, setidaknya cara ini dapat menyaring tentang ‘apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, dan apa yang tidak?”. Sehingga persentase hasil yang mendekati sempurna bisa lebih besar.

3. Menghindari Tidur atau Rebahan Seusai Makan

Selain menyebabkan berbagai macam penyakit, langsung tidur setelah makan juga akan memperburuk berat badanmu. Apalagi sehabis makan sepiring penuh nasi lengkap dengan indomie.
Karena tubuh kita yang memiliki sistem untuk ‘Memproses Saat Membutuhkan‘ maka dampak buruknya ada pada kesehatan. Secara umum dan garis besar, karbohidrat yang kamu konsumsi itu, diubah menjadi gula oleh tubuh. Dimana gula ini bertempat dalam darah dan nantinya akan diubah lagi menjadi energi saat kamu Membutuhkannya, lalu bagaimana jika kamu tidak membutuhkan energi karena rebahan selama 8 jam?
Jika terlalu banyak, gula dalam darah tidak akan masuk ke dalam sel untuk pembentukan energi, sebagian akan dicadangkan dalam sel otot dan hati.
Dampak lainnya adalah memperlambat metabolisme tubuh karena kurangnya aktivitas loh, nama lainnya sih, Obesitas.
 

4. Perbanyak Minum Air Mineral

Sudah, kamu sudah cukup lama dan puas dengan berliter karbonasi atau juga alkohol. Kalau masih ingin mendapatkan hasil dari diet dan mendapatkan tubuh ideal. Hentikan semua minuman itu, tujuan utama dari minum kan untuk memenuh hidrasi tubuh agar tidak dehidrasi. Bukan untuk mempermulus bulatan perut seperti badut.