Contoh Perilaku Adaptasi Tumbuhan dan Hewan

Contoh Perilaku Adaptasi Tumbuhan dan Hewan

Contoh Perilaku Adaptasi Tumbuhan dan Hewan

1. Adaptasi rayap

Rayap yaitu salah satu pola binatang yang mengadaptasi perilaku. Mereka biasanya akan makan kembali kulit yang mengelupas dari badan mereka. Rayap bayi juga menyesuaikan tingkah laku. Mereka akan makan atau menjilati rayap cukup umur untuk mendapatkan flagellate. Kebiasaan itu dilakukan untuk mendapatkan kembali flagellata. Flagellata yaitu sejenis zat yang sanggup membantu rayap untuk mencerna kayu.
2. Adaptasi Paus
Paus yaitu mamalia maritim yang bernafas dengan memakai paru-paru. Mereka secara terencana akan menghadap ke permukaan air untuk menarik nafas dan mengambil oksigen. Kebiasaan ini dilakukan untuk bertahan hidup. Karena itu, kebiasaan ini juga sanggup menjadi salah satu pola pembiasaan sikap pada hewan.
3. Mimikri
Beberapa binatang melaksanakan mimikri untuk menahan serangan musuh atau pemangsa. Mimikri yaitu sikap binatang yang dilakukan binatang untuk menghasilkan kemiripan (kamuflase) dengan lingkungannya. Beberapa binatang yang meniru, misalnya, bunglon yang ibarat dedaunan atau tanah, laba-laba mirip lebah, atau lalat yang ibarat gumpalan bunga.
4.Menggugurkan Daun
Contoh pembiasaan sikap tidak hanya sanggup ditemukan pada hewan. Beberapa tumbuhan juga melaksanakan pembiasaan ini untuk bertahan hidup. Misalnya pohon jati dan pohon kedondong. Keduanya akan menumpahkan daunnya selama ekspresi dominan kemarau untuk meminimalkan laju transpirasi (evaporasi).
5. Melepaskan Air (Gutation)
Gutasi yaitu pola pembiasaan sikap terhadap tumbuhan hygrophytic. Tanaman Higrofit yaitu tumbuhan yang hidup di ekosistem yang lembab. Contoh hygrophytes mirip talas. Keladi akan menetes atau mengeluarkan air dari daunnya untuk mengurangi kelebihan air dalam tubuh.

Baca Juga :