Dies Natalis Ke-57 ITS, Anugerahi Menteri Susi Gelar Kehormatan

Dies Natalis Ke-57 ITS, Anugerahi Menteri Susi Gelar Kehormatan

Dies Natalis Ke-57 ITS, Anugerahi Menteri Susi Gelar Kehormatan
Dies Natalis Ke-57 ITS, Anugerahi Menteri Susi Gelar Kehormatan

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menganugerahkan gelar kehormatan Doctor Honoris Causa

(Dr HC) kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dalam bidang keilmuan Manajemen dan Konservasi Sumber Daya Kelautan. Penganugerahan gelar diberikan langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana, M Sc PhD pada puncak peringatan Dies Natalis ke-57 ITS di Graha Sepuluh Nopember ITS, Jumat (10/11).

Pemberian gelar kehormatan kepada Susi Pudjiastuti ini diinisiasi oleh Departemen Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) ITS. Tim promotor yang mengusulkan gelar ini adalah Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc sebagai ketua tim promotor, Prof Semin ST MT PhD dan Raja Oloan Saut Gurning ST MSc PhD sebagai co promotor.

Pertimbangan ITS dalam pemberian gelar ini ialah rekam jejak Susi Pudjiastuti

sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan kabinet era Presiden Jokowi. Kiprah Susi pada dunia akademik menjanjikannya maju sebagai penerima gelar kehormatan tersebut. Prestasi Susi yang menjadi pertimbangan antara lain karena Susi telah menghasilkan karya tulis dengan judul Manajemen dan Konservasi Sumber Daya Kelautan secara komprehensif, capaian strategis dalam mengemban tugas sebagai menteri, pertimbangan visi misi pengentasan permasalahan kelautan Indonesia, dan jaminan aspek keberlajutan laut Indonesia yang tidak merusak lingkungan.

Tak hanya itu, kiprahnya dalam pengoptimalan potensi pulau-pulau kecil yang

menunjukkan tren positif dan memberikan kontribusi yang cukup banyak pada pendapatan negara juga ikut menjadi pertimbangan pemberian gelar.

Dalam acara ini, Susi berkesempatan membacakan pidato ilmiah yang berjudul Mempertahankan Keberlanjutan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Indonesia. “Laut Indonesia merupakan laut terluas nomor dua sedunia dan memiliki potensi besar dalam hal peningkatan ekonomi,” ungkap Susi mengawali pidatonya.

 

Sumber :

https://lakonlokal.id/