Ekonomi Sumberdaya Hutan

Ekonomi Sumberdaya Hutan
Pengertian Ekonomi Sumberdaya Hutan adalah suatu bidang penerapan alat-alat analisis ekonomi terhadap persoalan produksi, permintaan, penawaran, biaya produksi, penentuan harga termasuk dalam kajian ekonomi mikro dan masalah kesejahteraan masyarakat (kesempatan kerja, pendapatan produk domestik dan pertumbuhan ekonomi) yang termasuk dalam kajian ekonomi makro. Kajian ekonomi mikro dalam ekonomi SDH untuk menjawab barang dan jasa hasil hutan apa yang diproduksi sehingga dapat menguntungkan unit usaha (bisnis) sebagai pelaku usaha, sedangkan kajian ekonomi makro akan menjawab bagaimana sumberdaya hutan dimanfaatkan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat dalam pengertian bahwa sumberdaaya hutan telah memberikan kontribusi bagi tersedianya lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan memberikan jasa perlindungan lingkungan bagi semua masyarakat (Syamsu Alam, et,all).

Peranan Ekonomi SumberdayaHutan dalam Pengelolaan Hutan

Ekonomi SDH sangat mendasar posisinya dalam pengelolaan hutan; tanpa pertimbangan atau analisis ekonomi efisiensi pengelolaan hutan sukar tercapai. Analisis ekonomi SDH dapat diketahui apa yang diusahakan, berapa jumlahnya, kapan ditanam dan kapan dipanen serta berapa harga jual sehingga pengelolaan hutan dapat menguntungkan dan berkesinambungan. Pertimbangan- pertimbangan ekonomi tidak hanya pada kegiatan pemanfaatan hasil hutan, tetapi juga berlaku untuk kegiatan konservasi dan rehabilitasi hutan dalam upaya meningkatkan jasa lingkungan dari hutan (Syamsu Alam, et,all).
llustrasi tentang program pemerintah tentang Gerakan Rehabilitasi hutan dan Lahan (GNRHL), perlu dilakukan analisis ekonomi, untuk memperoleh informasi apakah allokasi dana sudah efisien dalam pencapaian tujuan?, apakah menguntungkan masyarakat sekitar hutan ?, apakah mendorong perekonomian Nasional dan regional?. Informasi tersebut seyogyanya dijadikan dasar untuk menentukan berbagai alternatif kegiatan rehabilitasi hutan untuk mencapai tujuan pengelolaan hutan, yaitu hutan lestari dan masyarakat sejahtara. Demikian pula dalam pengelolaan kawasan hutan konservasi, analisis ekonomi ditujukan untuk memperoleh informasi apakah alokasi dana paling efisien dari berbagai alternatif pengelolaan untuk mencapai tujuan kawasan hutan konservasi dan bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan konservasi (Syamsu Alam, et,all).