Faktor Penghambat Minat Baca

Faktor Penghambat Minat Baca

Negara yang maju adalah negara yang masyarakatnya memiliki Minat baca yang tinggi. Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata di Indonesia hanya 0,001 persen yang memiliki Minat membaca, artinya hanya satu berbanding seribu orang. Mengapa Minat belajar di Indonesia sangat rendah?

Semakin modern bangsa ini justru semakin membuat masyarakat terlena. Banyak hiburan di televisi, games, internet yang membuat perhatian kita teralihkan sehingga menjauhkan buku. Padahal dengan berkembangnya teknologi internet bisa meningkatkan Minat baca karena internet adalah sarana visual yang bisa menjadi sumber informasi, hanya saja terkadang visual tersebut kurang tepat dikonsumsi bagi anak-anak.

Kurangnya kedekatan antara orang tua dan anak juga bisa menjadi faktor penghambat. Budaya membaca belum diwariskan, kebiasaan kita mendongeng anak sebelum tidur kadang hanya diaplikasikan secara verbal dan tidak dibiasakan agar anak mencapai pengetahuan melalui bahan bacaan.

Ayah bunda, meskipun banyak kegiatan dan kesibukan sehingga memiliki waktu membaca yang sedikit, namun tetap temani anak belajar dan membaca setiap hari agar anak merasa diperhatikan. Apabila membaca sudah dibiasakan sejak kecil maka ketika dewasa anak akan menyukai membaca. Jangan sampai berbagai macam faktor tersebut akan menghambat Minat baca anak, carilah solusinya dan tumbuhkan Minat baca anak.

Membaca dapat membuka jendela dunia, kita bisa melihat sisi-sisi apa saja yang ada di balik jendela tersebut sehingga cara berpikir orang yang memiliki Minat baca akan maju dan dapat mempengaruhi kualitas suatu bangsa. Saat Minat baca rendah, kita tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan sehingga berdampak pada ketertinggalan bangsa. Kini membaca tidak hanya identik dengan buku saja, tetapi juga media elektronik dan internet. Semakin mudahnya media seharusnya kita bisa mendapatkan banyak informasi yang bisa meningkatkan Minat baca.

Sumber : https://www.studybahasainggris.com