Kuatkan Diri Dan Jadilah Pemberani

Kuatkan Diri Dan Jadilah Pemberani

Kuatkan Diri Dan Jadilah Pemberani
Kuatkan Diri Dan Jadilah Pemberani

Kekuatan diri bisa berawal dari sebuah keyakinan, namun rasa yakin terhadap sesuatu hal juga dapat menjadi faktor penghambat daya kreatif. Rasa takut adalah penghalang yang paling mudah dikenali. Daya kreatif menuntut serangkaian persiapan, pemikiran, penjabaran persoalan, dan pemecahannya. Bila motivasi kita rendah, kita pun malas bekerja keras, kurang tekun, dan enggan memanfaatkan kemampuan kreatif kita untuk memecahkan tantangan. Sebagai perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, dan keinginan, kebisaaan jelas mempengaruhi daya kreatif. Orang-orang kreatif umumnya memiliki kebisaaan untuk merangsang (stimulasi) daya kreatif mereka. Sebaliknya, orang-orang yang kurang kreatif melakukan hal-hal yang meredam daya kreatif.

  • Bertindak secara kreatif

Tindakan adalah salah satu resep keberhasilan, lebih-lebih jika kita melakukannya secara kreatif dan berusaha menghasilkan inovasi. Dengan bertolak dari daya kreatif, tindakan kita akan membuat kita mampu mengambil keputusan dan menentukan pilihan secara leluasa. Tindakan kita pun menjadi akurat, efisien, dan efektif.

  • Menjaga interaksi

Kondisi sosial disekitar kita dan interaksi kita dengan orang-orangnya juga mempunyai peran dalam kehidupan ini. Daya kreatif kadang-kadang bukan semata aktivitas individual karena aspek sosial juga kita dengan layak akan memotivasi kita untuk lebih produktif. Sementara itu, situasi sosial yang kurang apresiasif akan mengekang kita.

Ala Kreatif Karena Terbisaa Kreatif

Kebisaaan adalah tingkah laku yang dijalankan secara konsisten dan berulang-ulang. Adapun kebisaaan kreatif adalah bentuk kebisaaan yang mengarah kepada lahirnya berbagai keluaran yang bersifat kreatif. Orang kreatif memliki kebisaaan-kebisaaan positif yang mampu mengeliminasi segala macam aral, dan ujung-ujungnya, bisa mewujudkan potensi kreatifnya.

  • Berpikir terbuka

Orang kreatif terbisaa bersikap terbuka terhadap segala macam ide, gagasan, atau pemikiran, mulai dari yang lurus-lurus saja sampai yang tergolong kontroversial. Kebisaaan berpikir terbuka mengondisikan orang kreatif untuk selalu berpikir terbuka, peka, dan siap menerima hal-hal baru. Mereka pun termudahkan dalam beradaptasi dan memiliki sikap positif terhadap bentuk perubahan di sekelilingnya.

  • Coba dan tantang

Tidak ada yang bisa menandingi keberanian orang-orang kreatif dalam bereksperimen dengan hal-hal baru, bahkan bila itu asing dan tampak tidak masuk akal. Orang kreatif berani dan tidak takut gagal. Ia menemukan banyak hal baru, ememcahkan misteri yang membuatnya penasaran, dan tentu saja memuaskan hasrat ingin tahunya. Jika mereka ditanyai hal yang bisa menggerakkan orang kreatif menuju karya spektakulernya, jawabnya pasti adalah tantangan. Orang seperti itu piawai dalam membangkitkan gairah dan motivasi berkreasi, serta memanfaatkan energi dari dalam maupun luar dirinya. Orang kreatif menjadikan tentangan sebagai kesempatan untuk meneguhkan jati dirinya.

  • Manipulasi informasi

Orang kreatif mungkin akan memperlakukan perintah yang tidak detil dan tanpa kejelasan sesuai seleranya saja. Disamping ahli dalam menyiasati aral dari luar, ia juga cenderung mandiri dalam beraktivitas dan selalu memasukkan jiwa pribadinya dalam proses kreatif.

  • Menyirami imajinasi

Imajinasi adalah karunia tuhan yang istimewa. Imajinasi adalah nafas daya kreatif. Tiada daya kreatif tanpa imajinasi. Dengan imajinasi, orang kreatif mampu menciptakan dunia tenpa batas ruang dan waktu. Kekuatan imajinasi memberikan bahan untuk terciptanya proses kreatif dan hasil inovatif.

  • Variasi dan gairah

Orang kreatif kurang menyukai hal-hal yang bersifat monoton, tunggal, hitam putih, atau kategori lain yang membatasi ekspresi kreatif. Mereka terbisaa berpikir alternatif, menyuguhkan pilihan-pilihan, dan variasi. Sikap-sikap khas orang kreatif membuat mereka selalu bersemangat dalam setiap pekerjaan. Sewaktu berada di titik kreatifnya, aliran energi seolah-olah menyetrum sehingga membuat mereka terus terfokus, seperti tak kenal lelah, bahkan lupa dengan waktu.