Mahasiswa Indonesia Raih Posisi Kedua pada Kompetisi “Airbus Fly Your Ideas”

Mahasiswa Indonesia Raih Posisi Kedua pada Kompetisi “Airbus Fly Your Ideas”

Mahasiswa Indonesia Raih Posisi Kedua pada Kompetisi Airbus Fly Your Ideas
Mahasiswa Indonesia Raih Posisi Kedua pada Kompetisi Airbus Fly Your Ideas

Dunia pendidikan patut berbangga dengan prestasi yang diraih mahasiswa Indonesia

yang menimba ilmu di University of Cambridge, Inggris. Tim yang terdiri dari tiga mahasiswa Indonesia dan satu mahasiswa Jepang ini berhasil menempati peringkat kedua dalam kompetisi “Airbus Fly Your Ideas”. Mereka adalah Falah Fakhriyah, Martin Siagian, dan Nathan Harjanto berasal dari Indonesia, sedangkan satu lagi, Keiko Miyazaki berasal dari Jepang.

Gagasan yang mereka ajukan adalah penginderaan jarak jauh untuk melindungi laut dan mampu mengalahkan 269 materi yang diajukan peserta lainnya. Mereka pun berhak mendapatkan hadiah uang tunai 10.000 euro atau sekitar Rp 160 juta.

Mereka yang tergabung dalam Team AirFish ini merupakan salah satu dari tujuh tim finalis

yang memperoleh kesempatan mengembangkan prototipe ide mereka di Toulouse, Perancis selama satu minggu dengan menggunakan fasilitas penelitian dan pengembangan milik Airbus.

Kompetisi tersebut memberi kesempatan dan tantangan bagi para peserta untuk menciptakan inovasi di sektor dirgantara dalam enam bidang utama. Yaitu electrification, data services, cyber security, internet of things, artificial intelligence, dan mixed reality. Penemuan mereka ini dapat membantu pemerintah memerangi penangkapan ikan ilegal, mengurangi penangkapan spesies langka, dan mengurangi kerusakan habitat laut.

“Team AirFish dari University of Cambridge ini tampil meyakinkan dengan gagasan luar b

iasa mereka tentang sistem pemantauan laut menggunakan citra satelit dan teknologi pencitraan video,” demikian keterangan di Edukasi Kompas, Senin (1/7/2019).

Kompetisi ini telah diselenggarakan sejak 2008, diikuti lebih 22.000 siswa dari sekitar 700 universitas dan 100 negara di dunia untuk menyampaikan ide dalam fly your ideas.***

 

Sumber :

https://weareglory.com/sholat-tarawih/