Manfaat Buah Lontar / Kolang Kaling

Anda pasti akrab dengan buah lentera yang sering dijual oleh pedagang kaki lima. Secara umum, buah kurma digunakan dengan memakan daging biji buah yang mirip dengan buah-buahan berikut. Ada berbagai manfaat buah lontar yang memalukan jika disetujui.

Nutrisi dan vitamin di telapak tangan.
Manfaat buah kurma
Sumber: Parenting FirstCry
Sebelum mengetahui berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari buah kurma, Anda juga harus tahu berbagai nutrisi yang ada dalam buah yang secara ilmiah bernama Borasus flobelifer.

Laporan dari Data Komposisi Makanan Indonesia, untuk setiap 100 gram sajian, termasuk buah palem:

  • Air: 93,0 g
  • Rilis Energi: 27 Cal
  • Protein: 0,4 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Karbohidrat: 6,0 g
  • Serat: 1,6 g
  • Abu: 0,4 g
  • Kalsium: 91 mg
  • Fosfor: 243 mg
  • Zat besi: 0,5 mg

Kandungan mineral kalium juga sangat tinggi dalam buah kurma, yaitu sekitar 68 gram dan magnesium 23 gram.

Ada manfaat makan kurma.
Bahkan, palem itu sendiri diyakini digunakan dalam pengobatan alami untuk berbagai penyakit. Setiap bagian dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda.

Juvenile adalah diuretik asli, yang berarti dapat digunakan untuk mengeluarkan urin dan memfasilitasi anthelmintik, yang memiliki kemampuan untuk membunuh cacing di usus.

Minum air matang dari akar kurma muda juga membantu dalam berbagai penyakit pernapasan.

Kulitnya direbus dengan garam dan kemudian digunakan sebagai pembersih mulut. Arang yang terbuat dari kulit kayu dapat digunakan sebagai bahan dalam pasta gigi. Sementara itu, daging kurma dapat diubah menjadi bubur untuk membantu menghilangkan peradangan kulit.

Lantas bagaimana dengan manfaat pulp buah aren?

1. Mengandung antioksidan untuk melawan penyakit

Manfaat makan mentimun
Sumber: Blog Silver Cuisine
Dibandingkan dengan bagian lain, buah aren memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah zat yang akan membantu mencegah atau menunda kerusakan sel dalam tubuh karena stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika jumlah radikal bebas lebih tinggi dari antioksidan, yang mengarah ke reaksi kimia yang disebut oksidasi.

Radikal bebas adalah zat yang terbentuk ketika tubuh mengubah makanan menjadi energi. Tidak hanya itu, Anda juga dapat terpapar radikal bebas dari lingkungan luar seperti asap rokok, polusi, dan sinar matahari.

Jika jumlahnya berlebihan, stres oksidatif yang dihasilkan dapat merangsang kerusakan sel dalam tubuh. Beberapa penyakit yang dapat terjadi termasuk kanker, penyakit jantung, diabetes dan katarak.

Karena itu, salah satunya adalah buah aren, makanan dengan antioksidan.

2. Buah kurma mencegah dehidrasi.

Ketakutan akan dehidrasi pada diabetisi
Anda bisa menghindari risiko dehidrasi jika makan kurma. Seperti yang sudah disebutkan, jumlah air dalam buah aren mencapai 93 gram. Asupan yang tepat dapat menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

Cairan memainkan peran penting dalam menjaga organ berfungsi dengan baik. Kurangnya tingkat cairan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti bibir dan lidah kering, rasa haus yang ekstrem, kelelahan dan pusing.

Dalam beberapa kasus juga, dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi seperti cedera panas yang terjadi ketika suhu tubuh terlalu panas, terutama setelah melakukan olahraga yang sangat berat atau bahkan mungkin beresiko masalah ginjal.

3. Menjaga kesehatan ginjal.

Kanker Ginjal Dewasa
Lontar mengandung fosfor. Fosfor adalah mineral terpenting kedua dalam tubuh setelah kalsium. Fosfor menjaga kesehatan ginjal dengan membantu ginjal menyaring residu limbah dari pencernaan.

Fosfor diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan dan sel-sel tubuh. Fosfor juga dibutuhkan untuk membantu menyeimbangkan dan menyerap semua vitamin yang Anda dapatkan dari makanan yang Anda makan.

Juga, sekitar 85% dari jumlah total fosfor dalam tubuh ditemukan dalam tulang dan gigi. Artinya, fosfor dibutuhkan untuk membantu perkembangan tulang dan gigi yang kuat.

4. Aman untuk orang yang ingin menurunkan berat badan

Berat badan bertambah saat menopause
Buah lontar rendah kalori, jadi tidak perlu khawatir jika Anda makan kurma dalam diet Anda.

Seperti diketahui, Anda harus rendah kalori saat ingin menurunkan berat badan. Defisit kalori yang dimaksud adalah untuk mengurangi asupan kalori kecil dengan semua jumlah yang diperlukan dalam sehari.

Baca juga: