Mengenal Body Scan Meditation

Semua orang tahu bahwa hidup tidak selalu penuh dengan hal-hal yang menyenangkan. Saat melakukan aktivitas sehari-hari, ada saatnya Anda menghadapi masalah yang sering membuat Anda frustrasi.

Terkadang tekanan ini menyebabkan stres dan secara tidak sengaja memengaruhi kesehatan fisik Anda. Untungnya, metode yang disebut meditasi de-pemindaian tubuh dapat membantu Anda mengatasinya.

Apa itu Meditasi Penelitian Fisik?

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala, sakit punggung, dan otot tegang ketika Anda tidak sakit atau melakukan aktivitas fisik yang berat?

Menoleh ke belakang peristiwa Cobalah untuk melihat kembali banyak pemikiran dan perasaan Anda. Karena keadaan emosi yang tidak baik berdampak pada kesehatan umum tubuh Anda.

Ketika stres terjadi, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang sebenarnya berfungsi untuk meningkatkan aktivasi sistem kekebalan tubuh. Tetapi jika tidak ditangani, stres mengganggu komunikasi antara sistem kekebalan tubuh dan aksis HPA.

Sumbu HPA adalah bagian dari sistem endokrin yang mengontrol respons otak terhadap stres. Setelah terganggu, hasilnya akan mengarah pada masalah kesehatan fisik seperti keletihan dan gangguan metabolisme.

Meskipun rasanya sudah enak, efek ini bisa dirasakan kemudian, sehingga sering membuat Anda merasa sakit.

Pindai perhatian tubuh

Untungnya, ada banyak cara untuk mengurangi stres, salah satunya adalah meditasi, seperti meditasi riset tubuh.

Meditasi pemindaian tubuh atau meditasi pemindaian tubuh adalah teknik meditasi yang akan membantu Anda menjadi lebih sadar akan kondisi Anda. Biasanya dilakukan dalam posisi berbaring, nanti Anda akan mengalami berbagai sensasi di tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Ini juga akan membantu Anda mengetahui apakah ada rasa sakit atau nyeri di beberapa bagian tubuh yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Teknik meditasi ini adalah bagian dari Latihan Mindfulness, sebuah situasi di mana orang tersebut benar-benar menyadari keadaan mereka saat ini dan berfokus pada apa yang mereka lakukan tanpa memikirkan masa lalu dan dampaknya pada masa depan.

Apa manfaat dari meditasi riset tubuh?

Meditasi penelitian fisik adalah proses menghubungkan diri Anda lebih baik dan mendengarkan tubuh, yang telah menjadi keluhan dan seberapa jauh tubuh Anda dapat bertahan.

Sebenarnya, meditasi penjelajahan tubuh tidak akan menyembuhkan rasa sakit yang Anda rasakan segera, tetapi meditasi akan membantu Anda mengalami masalah yang mungkin muncul dalam tubuh sehingga Anda bisa segera merawat atau mengurangi gejala rasa sakit.

Namun, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba metode ini. Ketika dilakukan dengan benar dan teratur, meditasi eksplorasi tubuh dapat memberikan manfaat seperti meditasi umum yang Anda alami dalam jangka panjang.

Selamat tersenyum Selamat wanita sehat

Meditasi ini akan membantu memutus siklus stres fisik dan mental yang menyebabkan rasa sakit di tubuh Anda. Sering-seringlah melakukannya, ketika Anda merasa gugup atau stres, meditasi akan membantu Anda untuk kembali dan mempertahankan keadaan tubuh yang rileks.

Pada orang yang mengalami stres, kualitas tidur berkurang. Melakukan meditasi kesadaran, seperti meditasi eksplorasi tubuh, seharusnya membantu Anda tidur lebih baik.

Ini terungkap dalam studi 2012. Orang yang lebih tua dengan gangguan tidur telah terbukti secara signifikan meningkatkan kualitas tidur setelah meditasi singkat.

Mempertimbangkan studi lain, latihan meditasi juga menghasilkan hasil dalam bentuk tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. Hasilnya diikuti oleh efek lain, termasuk peningkatan kapasitas penyimpanan memori.

Baca juga: