misi dan visi stratejik

Table of Contents

misi dan visi stratejik

misi dan visi stratejik

            Visi merupakan pernyataan yang sederhana, mau diarahkan kemana jalannya organisasi, dan apa yang diinginkan pimpinan organisasi untuk dicapai pada masa depan dalam jangka panjang. Sedangkan misi merupakan pernyataan tentang berdirinya organisasi perusahaan, sebagai nilai dan maksud mendasar dari didirikanya organisasi tersebut.

            Misi dan visi stratejik memberikan gambaran tentang maksud dan nilai mendasar dalam menjalankan suatu organisasi. Oleh karena itu misi dan visi stratejik merupakan dasar nilai bagi jalannya organisasi, sehingga misi dan visi stratejik akan mempengaruhi proses perumusan dan pengimplementasian strategi.

 

Dengan pengambaran misi dan visi organisasi, maka kita dapat memahami aturan peran yang terdapat dalam pengoperasian kegiatan organisasi yang kompleks. Dari uraian misi dan visi stratejik organisasi tersebut kemudian diterjemahkan kedalam tindakan stratejik, yangmenjadi

dasar perbaikan bagi peningkatan kinerja organisasi dan posisi bersaingnya. Sering kali terdapat kekaburan pemahaman tentang rumusan yang jelas mengenai misi dan visi stratejik suatu organisasi perusahaan.rumusan misi suatu organisasi secara jelas menunjukan deskripsi perusahaan, tentang bisnis yang dijalankan dan maksud dari organisasi tersebut didirikan. Sedangkan visi stratejik dari suatu organisasi menggambarkan lingkup bisnis yang diharapkan akan dijalankan pada masa depan dan mau dibawa kemana jalannya organisasi. Misi dan visi stratejik memperkuat dan mendukung strategi, sebaliknya strategi memberikan rencana yang mengkait dengan upaya merealisasikan misi dan visi.

            Visi stratejik mempunyai hubungaan yang kuat dengan realitas organisasi yang membutuhkan strategi yang konkret. Misi dan visi stratejik merupakan peralatan yang sangat penting perananya, akan tetapi karena keduannya bersifat sangat umum dan bersifat mendua dilihat dari desainnya maka dalam merealisasikannya haruslah sangat berhati-hati dalam menyusun danmengeksekusi suatu strategi.akhirnya perlu disadari adalah maksud yang mendasar dan alasan suatuorganisasi didirikan, sedangkan visi menggambarkan untuk menjadi apa organisasi yang diinginkan tersebut.

2.3  Tingkatan manajemen stratejik

Dalam pelaksanaan manajemen stratejik,terdapat proses dan tingkat atau level dari strategi.tingkat atau level manajemen dari manajemen stratejik adalah manajemen stratejik pada tingkat puncak organisasi atau di kenal dengan strategi level korporasi.Kemudian di ikuti oleh tingkat pelaksanaan yaitu strategi level divisional dan berikut nya tingkat strategi fungsional serta terakhir adalah strategi level operasional.

Perkembangan organisasi akan terus berubah baik secara formalitas,maupun secara structural dan hal ini juga mempengaruhi hirearki  di dalam suatu organisasi.dalam penyususna strategi pada setiap tingkat atau level dalam organisasi , dipengaruhi oleh ahli stratejik.

Strategi yang sangat menentukan di dalam sustu grup organisasi bisnis adalah strategi  jaringan (network strategi).strategi ini di kembangakan dala gup organisasi bisnis adalah untuk mencapai tujuan keseluruhan grup organisasi dan bukan tujuan dari masing-masinng organisasi tunggal.Strategi jaringan mengkoordinasikan tindakan di antara persekutuan organisasi.strategi

 

Sumber :

https://student.blog.dinus.ac.id/blogtekno/status-whatsapp-kini-bisa-hanya-teks/