Pengertian Efek rumah kaca

Pada titik ini kita akan membahas efek rumah kaca: definisi, penyebab, proses, efek, contoh. Pada artikel sebelumnya kita membahas pemanasan global. Sekarang mari kita lihat artikel rumah kaca dengan ulasan lengkap di bawah ini.

Cara mengatasi efek rumah kaca

Rumah kaca itu sendiri adalah rumah di mana semua bagian terbuat dari kaca (baik di dinding dan langit-langit, dll.). Namun efek rumah kaca adalah istilah untuk menggambarkan kondisi bumi di mana, ketika Anda memiliki rumah kaca, panas matahari akan terperangkap di atmosfer.

Jika matahari biasanya menyinari bumi pada siang hari maka permukaan bumi menjadi hangat, dan pada malam hari permukaan bumi menjadi dingin. Namun, karena efek rumah kaca, panas matahari yang seharusnya dipantulkan oleh permukaan bumi sebenarnya terperangkap oleh gas rumah kaca yang memanaskan bumi dari tahun ke tahun.

Konten promosi

Rasa sakit di persendian Anda akan hilang selamanya
Arthropont

10 Tempat Wisata Paling Misterius di Asia
Berry otak

Pulau misterius dengan pemandangan luar biasa.
Berry otak

Kisah-kisah hebat tentang karakter film yang harus dilanjutkan
Berry otak

Penyebab dan efek dari efek rumah kaca

Ada hal-hal yang menyebabkan efek rumah kaca, selain efek rumah kaca itu juga memberi banyak efek.

Penyebab efek rumah kaca
Pembabatan hutan dan pembakaran
Penggunaan bahan bakar fosil.
Polusi air laut
Limbah industri
Limbah rumah tangga
Efek rumah kaca
pemanasan global
Mencairnya es di kutub
Meningkatkan jumlah air laut.
Level ozon berkurang
Pengolahan rumah kaca
Gambar rumah kaca
Singkatnya, proses efek rumah kaca dimulai ketika panas matahari menghilang dan kemudian menembus permukaan bumi. Setelah itu, panas matahari terpantul dari permukaan bumi ke angkasa oleh atmosfer. Panas matahari akhirnya terperangkap di permukaan bumi dan menghangatkan suhu bumi.

Baca juga: Pelangi: Definisi, Proses, Jenis dan Warna
Zat penghasil rumah kaca
Steam (H2O)
Karbon dioksida (CO2)
Methana (CH4)
Ozon (O3)
Nitrous oxide (N2O)
C.F.C. Dan H.F.C.
Zat-zat di atas benar-benar diperlukan agar bumi tidak terlalu dingin, tetapi sejak revolusi industri telah terjadi peningkatan zat seperti karbon dioksida atau gas berbahaya lainnya di atmosfer, karenanya peningkatan konsentrasi akibat aktivitas manusia.

Contoh efek rumah kaca

Dampak rumah kaca telah menjadi berbahaya bagi tanah kita, tentu saja, itu berbahaya bagi kelangsungan hidup di bumi. Ada banyak contoh efek rumah kaca yang muncul dalam kehidupan kita sehari-hari, antara lain:

Limbah listrik, limbah listrik adalah contoh yang menyebabkan efek rumah kaca. Sebagian besar pembangkit listrik mengeluarkan CO2 dalam jumlah besar.
Limbah pembakaran, asap yang dihasilkan oleh pembakaran limbah mengandung CO2. Dan jika asap memenuhi atmosfer bumi, sinar matahari akan dipantulkan dan akan menghangatkan bumi.
Kendaraan bermotor, asap knalpot kendaraan juga mengandung CO2, dan selain efek rumah kaca, asap dari kendaraan ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya.
Cara mengatasi efek rumah kaca
Hindari menggunakan listrik. Energi alami dapat digunakan untuk menghasilkan listrik untuk memenuhi efek rumah kaca.
Pemulihan dan konservasi hutan, pohon, dan spesies tanaman lainnya memiliki peran yang sangat penting. Mereka menghasilkan oksigen, yang merupakan faktor penentu kehidupan. Selain itu, tanaman juga berperan dalam pemrosesan CO2 dalam bahan organik dan oksigen.
Pengurangan penggunaan kendaraan bermotor. Dengan tidak menggunakan kendaraan bermotor, tentu saja, Anda bisa mengurangi jumlah asap yang bisa berbahaya.
Mengolah limbah dengan benar. Alih-alih membakar sampah, lebih baik mendaur ulangnya.

Sumber: www.ruangguru.co

Baca juga: