PENGERTIAN KEBUDAYAAN

 PENGERTIAN KEBUDAYAAN

Konsep kebudayaan bersifat sangat kompleks. Menurut arti etimologi (asal usul kata), kebudayaan berasal dari kata sangsekerta yakni budhayah, bentuk jamak dari budi yang berarti akal. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan hal-hal yang bersangkutan dengan akal manusia.

Kebudayaan berkaitan dengan pola perilaku dan keyakinan dlam masyarakat. Dengan demikian kebudayaan memberikan kerangka bagi masyarakat untu memandang manusia di sekitarnya, menginterpretasikan kejadian-kejadian dan perilaku, dan bereaksi terhadap realitas yang dirasakan.

2.2  PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMASARAN GLOBAL

Setiap perusahaan yang berorientasi pada pemasaran harus membuat keputusan berdasarkan sudut pandang konsumennya. Tindakan konsumen dibentuk  oleh gaya hidup dan pola perilakuyang berasal dari kebudayaan masyarakat.

Pengaruh perbedaan budaya terhadap bauran pemasaran bisa berupa ;

  1. Produk

Dua produk yang serupa bila dilemparkan ke pasar yang sama, belum tentu memperoleh tanggapan yang sama dari konsumen. Demikian pula kesuksesan suatu produk disatu Negara tidak menjamin akan sukses pula dinegara lainnya. Misalnya Kentucky fried chicken (KFC) dapat diterima dengan baik diprancis, tetapi McDonal’s tidak.

  1. Distribusi

Saluran distribusi perlu dimodifikasi agar sesuai dengan kondisi local. Misalnya kosmetik avon sukses menerapkan penjualan langsung (door to door) diamerika, karena setiap orang dapat melakukan pembelian secara pribadi dirumah atau ditempat kerja masing-masing. System penjualan ini tidak dapat berjalan dengan sukses ketika diterapkan di Eropa. Ada dua penyebab kegagalan yaitu :

1)      Wanita eropa menganggap kunjungan distribusi ( representatives) mengganggu privasi mereka.

2)      Para distribusi sering kali merasa kurang enak karena harus menjual  (tentunya mencari laba) kepada temannya sendiri.

 

Sumber :

https://infinidb.org/razer-phone-meluncur-ponsel-game-dengan-ram-8gb/