Pengertian Periklanan

Pengertian Periklanan

Pengertian Periklanan

Menurut pendapat Kotler (2000)

periklanan adalah segala bentuk penyajian dan promosi ide barang atau jasa secara nonpersonel oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.”Advertising, any paid form of nonpersonel communications about an organization, product, service, or idea by an identified sponsor”.(George, at all, 2001) Istilah paid dari definisi diatas mencerminkan bahwa kenyataanya sebuah pesan iklan dibatasi oleh waktu atau ruang yang harus dibeli /paid. Pengecualian untuk Public service announcement (PSA)
Istilah nonpersonal mengartiakan bahwa periklanan menyangkut mass media (televisi, radio, majalah, Koran) yang dapat mengirim sebuah pesan ke masyarakat, seringkali pada waktu yang bersamaan. Nonpersonal disini juga memberikan kesan bahwa sebuah iklan tdak dapat memberikan feedback secara langsung. Maka sebelum sebuah pesan ditayangkan sang pengiklan harus dapat memprkirakan bagaimana reaksi serta intrepretasi penonton terhadap pesan yang ingin disampaikan.

Advertising juga dapat digunakan untuk menciptakan brand images dan daya tarik symbol yang kemudian akan berpengaruh untuk membedakan satu perusahan dengan yang lain.


Baca Juga :