Perusahaan dan Lingkungannya

Perusahaan dan Lingkungannya

Perusahaan dan Lingkungannya

Perusahaan adalah

suatu sistem fisik yang dikelola melalui penggunaan sebuah sistem virtual. Sistem fisik perusahaan merupakan suatu sistem terbuka dimana ia berhadapan dengan lingkungannya. Sebuah perusahaan mengambil sumber daya dari lingkungannya, mengubah sumber daya alam tersebut menjadi produk dan jasa, dan mengembalikan sumber daya yang telah diubah kembali kelingkungan. Aliran sumber daya fisik perusahaan meliputi pegawai, bahan baku, dan uang. Pegawai dipekerjakan oleh perusahaan, diubah ketingkat keahlian yang lebih tinggi melalui pelatihan daan pengalaman, dan pada akhirnya meninggalkan perusahaan. Bahan baku memasuki perusahaan dalam bentuk input mentah dan diubah menjadi barang jadi, yang kemudian dijual kepada para pelanggan perusahaan. Mesin dibeli, digunakan, dan pada akhirnya dijual dalam bentuk besi tua atau ditukar dengan mesin yang lebih baru. Uang memasuki perusahaan dalam bentuk penerimaan penjualan, investasi pemegang saham, dan pinjaman lalu diubah menjadi pembayaran kepada pemaso, pajak kepada pemerintah, dan pengambilan kepada para pemegang saham. Ketika berada dalam perusahaan, sumber daya fisik digunakan untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan kepada para pelanggannya.

Elemen lingkungan perusahaan secara umum adalah terdiri dari:

  1. Pemasok, menyediakan material, mesin, jasa dan informasi yang dibutuhkan perusahaan.
  2. Pelanggan, adalah orang orang atau organisasi yang menjadi tujuan pemasaran produk barang dan jasa terdiri dari pelanggan saat ini dan calon pemakai.
  3. Serikat buruh, adalah organisasi bagi tenaga kerja terampil maupun tidak terampil.
  4. Masyarakat keuangan, adalah lembaga lembaga yang memengaruhi sumber daya keuangan yang tersedia bagi perusahaan (misal: bank, perusahaan investasi)
  5. Pemegang saham atau pemilik, adalah orang orang yang menanamkan modalnya diperusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi.
  6. Pesaing, mencakup semua organisasi yang menjadi pesaing dipemasaran.
  7. Pemerintah, pada tingkat pusat, daerah, dan lokal memberikan kendala kendala dalam bentuk undng undang dan peraturan, tetapi juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi dan dana.
  8. Masyarakat global, adalah wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya.

Arus sumber daya menghubungkan perusahaan dengan elemen elemen lingkungan. Sumber daya (orang, material, mesin, uang dan informasi) mengalir kepada perusahaan dari elemen-elemen lingkungan, melewati perusahaan, dan kembali kepada elemen-elemen. Semua sumber daya dari lingkungan perusahaan akhirnya akan kembali kepada lingkungan.

Sebagian sumber daya mengalir lebih sering daripada yang lain. Arus yang sangat sering mencakup arus informasi pelanggan, arus material, kepada pelanggan, arus uang kepada pemegang saham, arus mesin dan pemasok, dan arus pekerja dari serikat buruh. Arus sumber daya yang sangat jarag terjadi antara lain uang dari pemerintah, arus material kepada pemasok, dan arus pekerja kepada perusahaan pesaing (pembajakan tenaga kerja).

Tidak semua sumber daya mengalir antara perusahaan dan seua elemen lingkungan. Misal, mesin biasanya tidak mengalir dari perusahaan ke pemegang saham, uang tidak mengalir kepada pesaing dan material tidak mengalir kepada serikat buruh.

Informasi merupakan satu satunya sumber daya yang mengalir dari perusahaan ke semua elemen lingkungan atau dari elemen-elemen lingkungan keperusahaan.


Sumber: https://infinidb.org/skilltwins-football-game-apk/