Robot lunak GE membuat lubang seperti cacing tanah raksasa

Robot lunak GE membuat lubang seperti cacing tanah raksasa

 

Robot lunak GE membuat lubang seperti cacing tanah raksasa
Robot lunak GE membuat lubang seperti cacing tanah raksasa

Robot cacing tanah raksasa tidak ada dalam daftar hal-hal yang saya harapkan ketika saya masuk pagi ini. Tapi itu di sini,

dan aku di sini untuk itu. Dirancang oleh sebuah tim di GE Research, robot tersebut mendapatkan penghargaan $ 2,5 juta sebagai bagian dari Underminer DARPA. Program ini dibuat untuk mendorong penggalian terowongan cepat di lingkungan militer.

Seperti semua kemarahan dalam robotika hari ini, tim GE beralih ke inspirasi biologis untuk melaksanakan tugas. Apa yang mereka hasilkan adalah robot besar, tersegmentasi dan lunak yang inci seperti cacing tanah mekanik raksasa.

Otot-otot robot dirancang untuk meniru “kerangka hidrostatik” – struktur berisi cairan yang ditemukan pada invertebrata.

Dalam kasus robot, otot buatanlah yang melakukan kerja keras untuk menggerakkannya ke depan, dengan desain yang membuatnya dapat beradaptasi dengan lingkungan bawah tanah yang berbeda. Desainnya menawarkan berbagai kebebasan bergerak, bersama dengan kemampuan untuk masuk ke ruang sempit.

Kunci lain untuk sukses adalah membangun sensor yang tepat yang memungkinkannya berfungsi secara mandiri di bawah tanah. Lagipula itu bisa sulit untuk mengendalikan robot dari jarak jauh dalam skenario seperti itu.

“Karena sistem tunneling ini berada di bawah tanah, kita harus mampu membangun kemampuan otonom dan sensing yang

memungkinkan robot kita untuk bergerak dan terowongan di tempat yang tepat,” kata pemimpin proyek Deepak Trivedi

dalam rilisnya. “Untungnya, kami dapat menarik kontrol, AI dan merasakan para ahli dari seluruh Lab untuk membantu kami mengintegrasikan kemampuan baru ini.”

Proyek ini menjanjikan, tetapi masih jauh dari selesai. Tujuan akhirnya adalah robot yang dapat menggali terowongan 500 meter dan bergerak pada 10 cm / detik di bawah tanah. Cuplikan video lab di atas di GE’s Niskayuna, NY dipercepat 4x.

Baca Juga: