Sejarah Youtube: Dulu – Sekarang, Investor dan Akusisi Google

Sejarah Youtube: Dulu – Sekarang, Investor dan Akusisi Google

 

Sejarah Youtube Dulu – Sekarang, Investor dan Akusisi Google
Sejarah Youtube Dulu – Sekarang, Investor dan Akusisi Google

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dong dengan Youtube? Situs streaming dan berbagi video terbesar di dunia ini memang sangat populer. Kalian mungkin juga merupakan pengunjung setia dari Youtube. Disana kita bisa menonton berbagai macam video dengan mudah dan gratis. Namun pernahkah terpikir oleh kalian bagaimana youtube itu berawal? Bagaimana sebuah situs streaming terbesar diciptakan hingga berkembang menjadi seperti sekarang ini?

Semua yang besar tentu berawal dari yang kecil, begitu pula dengan youtube. Sewaktu pertama didirikan ia tentu tidak sepopuler sekarang ini. Perlu waktu untuk berkembang sehingga orang-orang mengenalnya dan menjadikannya semakin populer. Bagimana proses perkembangan youtube tersebut?

Sejarah Awal Berdirinya Youtube

Daftar Isi

Sejarah Awal Berdirinya Youtube
Investor Youtube
Akusisi Oleh Google

sejarah perkembangan youtube

Tahukah kalian kapan pertama kali youtube itu diluncurkan? Tepatnya pada 14 Februari 2005, Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim mendirikan youtube. Mereka bertiga sebelumnya merupakan pegawai dari Paypal. Awal perjalanan youtube hanya bertempat di sebuah Restoran Pizza dan makanan Jepang di daerah California. Di tempat tersebutlah ketiganya berusaha mengembangkan youtube agar menjadi situs yang bisa digunakan untuk berbagi video.

Investor Youtube

Nampaknya ada beberapa investor yang tertarik untuk bergabung dalam project ini, salah satunya adalah Sequoia capital yang menyumbang dana 3,5 US dollar. Tidak hanya sampai disitu, seorang mantan CEO dari paypal yaitu Reolof Botha juga ikut bergabung dengan mereka.

Akusisi Oleh Google

Dan tepatnya pada akhir tahun 2006, Google telah berhasil mengakuisisi Youtube dengan nilai 1,65 miliar US dollar. Dan dari sinilah youtube terus berkembang dan semakin besar setiap harinya.

sejarah perkembangan youtube

Tidak lama setelah itu, youtube dengan cepat naik daun dan menjadi peringkat 5 dalam website terpopuler di tahun 2006. Saat itu dalam satu hari ada lebih dari 65.000 video yang diupload ke youtube. Tak heran jika jumlah pengunjung yang datang setiap bulannya melebihi 20 juta orang. Dengan perkembangannya, youtube pun mulai beralih jalur menjadi partnership di bidang periklanan dan juga marketing. Dan pada tahun 2008, diperkirakan penghasilan youtube sudah mencapai 200 juta US dollar.

Dari waktu ke waktu, youtube selalu berusaha untuk mengembangkan layanannya. Mereka mulai memperhatikan para

creator yang mana turut andil besar dalam perkembangan mereka. Selain itu, dari segi interface youtube juga mengalami perkembangan yang membuat pengunjung semakin betah untuk berada disana. Fitur-fitur baru yang menarik pun juga disediakan agar membuat layanannya semakin baik. Dan sampai saat ini pun mereka telah mencapai puncak dengan menjadi situs berbagi video terbesar di dunia. kira-kira youtube akan berkembang seperti apalagi ya.

Demikian sedikit penjelasan singkat mengenai sejarah perkembangan youtube dari awal didirikan sampai sekarang ini. Semoga pembahasan diatas bisa memberikan informasi dan ilmu yang berguna bagi kita semua. Mungkin saja setelah mengetahui history of youtube diatas bisa memberikan suatu motivasi tersendiri bagi kita. Dan jangan lupa untuk meninggalkan saran ataupun pertanyaan kalian di kolom komentar.

Baca Juga: