Siswa di Rembang Ini, Olah Buah Kawis Jadi Obat Nyamuk

Siswa di Rembang Ini, Olah Buah Kawis Jadi Obat Nyamuk

Siswa di Rembang Ini, Olah Buah Kawis Jadi Obat Nyamuk
Siswa di Rembang Ini, Olah Buah Kawis Jadi Obat Nyamuk

Tiga siswi di Rembang, berhasil mengolah buah kawis menjadi obat pengusir nyamuk elektrik

yang ramah lingkungan. Hasil karya tersebut juga berhasil menyabet juara pertama dalam Lomba Artikel Ilmiah Remaja tingkat SMK Kesehatan se Jawa.

Ketiga siswi tersebut yakni Mitha Alviani siswi kelas X, Intan Afrida Zulfami siswi kelas XI dan Zahrotun Nafisah yang duduk di bangku kelas XII. Ketiganya sekolah di SMK Avicena, Lasem, dan dibimbing oleh Dyah Afi Nurlaeli.

Saat dikonfirmasi, Dyah Afi Nurlaeli sang guru pembimbing mengatakan, untuk menciptakan obat nyamuk berbahan dasar buah kawis itu memerlukan penelitian yang tidak mudah. Dalam pembuatan bahannya, memerlukan penjemuran sinar matahari. Sedangkan dewasa ini kerap turun hujan.

“Itu dibuatnya harus dipanaskan dengan cara dijemur. Sedangkan kalau pakai oven

, dikhawatirkan zat aktif buah kawisnya rusak. Sedangkan selama ini yang jadi kendala adalah cuaca yang cenderung hujan terus menerus,” paparnya, Senin (19/2/2018).
Siswa di Rembang Ini, Olah Buah Kawis

Foto: Didin Mahendra

Menurutnya, dipilihnya buah kawis karena memiliki zat kandungan aktif yang dapat merusak sistem pernafasan nyamuk.

Sedangkan buah kawis sendiri jauh lebih aman untuk manusia ketimbang harus menggunakan bahan kimia yang tentunya mempengaruhi kesehatan.

“Zat didalam buah kawis ini tidak disukai nyamuk, sedangkan buah kawis sendiri sangat mudah dicari di Rembang. Beberapa bahan lainnya sudah sempat kami teliti, dan hasilnya kawis yang paling nyaman bagi manusia, tapi ampuh membunuh nyamuk,” terangnya.

Dari 10 kali proses percobaan menggunakan obat anti nyamuk berbahan buah kawis ini, 6 kali diantaranya berhasil. Kesulitan yang dihadapi yakni untuk mengumpulkan nyamuk guna bahan percobaan.

 

Baca Juga :