Strategi bisnis

Table of Contents

Strategi bisnis

Bisnis atau usaha sering diartikan sebagai aktivitas yang dapat memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan atau pendapatan, melalui transaksi.kegiatan bisnis tidak hanya mencakup perdagangan, tetapi setiap aktivitas yang dapat memberikan hasil pendapatan atau penerimaan bagi seseorang atau kelompok orang dan perusahaan.

Perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pertanian mencakup antara lain bidang usaha perkebunan dan bidang usaha agribisnis. Sedangkan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur mencakup antara lain industri makanan, minuman dan tembakau, indurstri pakaian jadi dan kulit, industri kertas, percetakan dan penerbitan, serta industri kimia dan barang–barang dari bahan kimia.

Suatu  perusahaan dapat bergerak dalam suatu bidang usaha, dalam hal ini dikenal sebagai perusahaan bisnis tunggal atau single business yang biasanya berada dalam bisnis intinya, dan dalam hal ini merupakan core business-nya.

Perusahaan atau badan usaha dalam menjalankan aktivitas bisnis selalu diukur keberhasilannya dari hasil kinerjanya. Untuk pengukuran keberhasilan tersebut, setiap badan usaha atau perusahaan harus dapat membuat atau menyajikan laporan bisnis, yang mencerminkan laporan laba rugi perusahaan dan laporan keuangan lainnya.

Suatu perusahaan akan selalu berupaya menawarkan perbedaan atau diferensiasi dari produk atau jasa dengan kualitas yang superior, sehingga dapat memberikan nilai pelanggan superior. Oleh karena itu, peningkatan kepuasan pelanggan  hanya mungkin dapat mencapai, bila manager selalu dapat menyusun strategi bisnis yang kreatif dan fleksibel.

Konsep yang dikembangkan Michael Porter dalam pengambilan keputusan strategi bisnis, dikenal sebagai strategi generic. Strategi ini menggambarkan kedudukan stratejik yang dirancang untuk mengurangi peranan pengaruh dari lawan, yang mencakup penekanan keunggulan biaya murah atau rendah, keunggulan diferensisasi produk,serta focus pada biaya rendah dan focus pada keunggulan diferensiasi produk.

Sumber :

Moto G5S Plus masuk India akhir Agustus