Tata Cara

 Tata Cara

Dalam upaya melestarikan kesenian Goong Renteng dan berdasarkan adat turun temurun, sebelum bulan Mulud, Goong Renteng itu harus “mandi” artinya dicuci agar tetap bersih, lalu diadakan selamatan sambil menabuhnya. Tradisi lainnya yang biasa dipakai yaitu setiap tanggal 1 Syawal dan 10 Rayagung harus dibunyikan.Sedangkan larangan “karuhun” yang harus dijaga oleh keturunannya yakni tidak boleh menjual Gamelan Goong Renteng itu kepada siapapun.Hasilnya hingga saat ini Gamelan Goong Renteng masih tetap utuh meskipun keadaannya sudah kurang memadai.

Goong renteng dibunyikan pada awal upacara berlangsung, guna menyambut tamu agung atau tamu kehormatan, seperti halnya pada upacara seren taun.Biasanya goong renteng disimpan atau dimainkan pada panggung yang tinggi dan letaknya pun dekat dengan pintu masuk atau gerbang utama para tamu masuk.

Goong renteng dimainkan oleh para bapak-bapak atau yang memang usianya sudah tua, dikarenakan para pemainnya pun tidak gonta ganti dan sembarang orang dapat memainkannya.

3.5              Tata Busana

Busana yang dipergunakan pada saat pementasan goong renteng ini cukup sederhana, bapak-bapak yang memainkan goong renteng ini hanya cukup mengenakan jas khusus berwarna biru muda dengan lengan panjang, namun ada juga yang mempergunakan pakaian serba hitam dengan menggunakan pengikat kepala bermotif batik.