Telematika e-banking

Table of Contents

Telematika e-banking

Telematika e-banking
Telematika e-banking

Telematika dan E-Banking

Kata ini tidak terdengar begitu asing di telinga kita. Telematika sering kali kita sebut dalam percakapan sehari-hari tanpa mengetahui apa arti mengenai telematika itu sendiri. Banyak orang yang salah mengartikan telematika tetapi mereka tetap saja dengan percaya diri menyebut kata ini, walaupun interpretasinya menjadi salah. Sebenarnya, apa itu telematika??
Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika. Telematika mencakup dua teknik, yaitu telekomunikasi dan informatika. Keduanya dapat digunakan dalam bidang penelitian seperti digital data processing, network programming, managemen telekomunikasi, sentral telepon, router, dan lain sebagainya.
Penerapan Telematika
Penggunaan telematika sangat membantu bagi masyarakat. Misalnya dalam bidang pembangunan daerah, dengan adanya telematika, aliran informasi dapat diterima oleh penduduk Indonesia yang berada di daerah terpencil dengan letak geografis yang sulit untuk dijangkau. Penerimaan informasi pun akan merata di semua daerah, tak terkecuali daerah terpencil di Indonesia.
Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan Telematika yang sangat pesat menjadikannya bagian dari insfrastruktur pembangunan. Sebagai bukti, Telematika dapat mempercepat transaksi dan perhitungan bisnis menjadi lebih akurat melalui e-commerce. Hampir semua transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, contohnya adalah penggunaan internet banking yang semakin gencar belakangan ini.
Internet banking atau e-banking adalah salah satu aplikasi di dunia bisnis yang berbasis internet. E-banking didukung oleh perkembangan teknologi informasi, telekomunikasi dan tentunya internet. Di Indonesia sendiri, hampir semua bank sudah mempunyai aplikasi internet banking, sebagai contoh Bank BCA dengan aplikasi Klik BCA.

Sumber : https://blog-fiesta.com/