XNXUBD NVIDIA GEFORCE RTX 3080 REVIEW

vidiaNvidia menjanjikan hal-hal besar dengan kartu grafis generasi baru. GeForce RTX 3080 diharapkan memberikan kinerja dua kali lipat dari RTX 2080 dengan harga yang sama. Bahkan seharusnya melampaui RTX 2080 Ti, memberikan kinerja gaming 4K yang solid dengan harga yang jauh lebih murah daripada biaya kartu generasi terakhir Nvidia. Ini semua sambil memanfaatkan pelacakan sinar dan teknologi DLSS bertenaga AI khusus Nvidia yang meningkatkan kecepatan bingkai sambil mempertahankan kualitas gambar. Nvidia memiliki janji yang sama sebelumnya untuk gaming 4K dengan RTX 2080. Namun dengan RTX 3080, hal itu berhasil.

RTX 3080 adalah bagian dari 3000 seri kartu grafis Nvidia, semuanya didukung oleh arsitektur Ampere baru perusahaan. Ada RTX 3070 (mulai dari $ 499), RTX 3080 (mulai dari $ 699), dan RTX 3090 (mulai dari $ 1.499). Anda tidak dapat memesan di muka salah satu kartu terbaru ini, dan RTX 3080 akan tiba di toko-toko pada tanggal 17 September, dengan RTX 3090 menyusul pada 24 September. Sementara RTX 3070 tidak akan tiba hingga 15 Oktober, ia juga menjanjikan kinerja yang melebihi RTX 2080 dan RTX 2080 Ti.

Saya telah menghabiskan seminggu terakhir menempatkan RTX 3080 melalui kecepatannya pada 4K dan 1440p, dan saya terkesan dengan apa yang telah saya lihat. Game 4K hadir dengan RTX 2080 Ti, tetapi $ 1.199 jauh melampaui anggaran kebanyakan orang. RTX 3080 melakukan hal yang sama dan lebih banyak lagi dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Review Nvidia RTX 3080

SKOR VERGE
8OUT OF 10

BARANG BAGUS
Sangat sepi dan sejuk
Bagus untuk gaming 1440p atau 4K
DLSS bersifat transformatif
HAL-HAL BURUK
Persyaratan catu daya 750W dan penarikan daya ekstra
Adaptor daya 12-pin yang kikuk
Memori 10GB

Hardware

Nvidia bisa saja terjebak dengan perubahan besar yang dibuatnya pada pendingin XNXUBD Nvidia Video RTX 2080, tetapi ia melangkah lebih jauh dengan perangkat kerasnya pada XNXUBD 2019 Nvidia Video RTX 3080. Perubahan pertama yang terlihat adalah pengaturan kipas ganda telah bergeser sehingga ada satu kipas di kedua sisinya dari kartu. Nvidia menggunakan sistem dorong-tarik di sini, dengan kipas bawah menarik (semoga mendinginkan) udara ke dalam kartu, lalu membuang udara hangat di sisi berlawanan di dekat pendingin CPU dan kipas casing belakang. Pendingin blower tradisional juga mengeluarkan udara panas dari slot PCIe dan dengan demikian keluar dari casing Anda sepenuhnya.

Ini menciptakan aliran udara yang lebih optimal, mengurangi suhu GPU dan menghasilkan kartu yang lebih tenang. Saya tidak mendengar perbedaan yang mencolok terhadap RTX 2080 yang saya bandingkan dengan XNXUBD 2020 Nvidia Video RTX 3080 minggu ini, karena keduanya adalah kartu senyap. Ada beberapa kekhawatiran bahwa sistem pendingin ini dapat memengaruhi suhu CPU secara negatif, tetapi saya tidak menemukan masalah apa pun selama pengujian. Ada kemungkinan bahwa, di beberapa rig, hal itu dapat memengaruhi suhu CPU, tetapi menurut saya untuk sebagian besar kasus, ini bukan masalah.

Desain Nvidia RTX 3080 mencakup papan berbentuk umbul baru.

Perubahan besar kedua pada RTX 3080 adalah penambahan konektor daya tunggal 12-pin, dibandingkan dengan konektor 6-dan 8-pin atau 8-pin kembar yang terpisah pada kartu sebelumnya. Saya menyukai apa yang telah dilakukan Nvidia di sini, tetapi penerapan awal berarti Anda harus menggunakan adaptor yang disertakan yang jelek dan canggung. Anda menyambungkan dua konektor daya PCIe 8-pin ke sana, dan adaptor kemudian menjuntai keluar dari sisi kartu. Untungnya, vendor catu daya seperti Corsair merencanakan kabel tunggal yang akan dihubungkan langsung ke konektor 12-pin baru Nvidia. Saya sangat menyarankan untuk memesan salah satu dari ini jika Anda (seperti saya) peduli dengan pengelolaan kabel. Kartu pihak ketiga juga melekat dengan konektor 8-pin ganda biasa.

Perubahan besar ketiga yang mungkin tidak langsung terlihat adalah peralihan Nvidia ke papan berbentuk umbul baru untuk RTX 3080. Dikombinasikan dengan selubung pendingin baru, bentuk umbul ini membuat kartu grafis yang sangat bagus. Tidak ada sekrup yang terlihat, dan bahkan FCC biasa dan pemberitahuan peraturan telah dipindahkan ke ujung keluaran kartu untuk menjaga penampilannya tetap bersih.

Berbicara tentang keluaran, ada satu port HDMI 2.1 dan tiga port DisplayPort 1.4a. Nvidia telah menjatuhkan port USB-C VirtualLink yang ditemukan pada RTX 2080, yang tidak pernah melihat adopsi nyata untuk VR. LED RTX 3080 sekarang juga menyala dalam warna putih bersih, bukan hijau seperti pada tahun 2080. Bahkan ada kilau putih halus di sekitar bagian atas kipas. Saya terkesan dengan desain baru ini, dan terlihat bagus jika disimpan di dalam casing jika Anda memiliki jendela samping.

Satu-satunya bagian buruk dari perangkat keras baru ini adalah kebutuhan daya. Nvidia merekomendasikan catu daya setidaknya 750W untuk RTX 3080, karena dapat menyedot daya hingga 320 watt dengan sendirinya. Itu adalah lompatan 42 persen dari penarikan 225 watt dengan RTX 2080, yang dapat dimengerti untuk peningkatan kinerja tetapi juga mengecewakan karena dampaknya terhadap lingkungan dan tagihan listrik.

Baca juga: